Fakta Menarik Tentang Planet Pluto

Fakta Menarik Tentang Planet Pluto

Fakta Menarik Tentang Planet Pluto

Planet pluto terletak sangat jauh dari bumi yang kita huni. Dulunya Pluto adalah sebuah planet yang sangat kecil dan juga tentu  termasuk dalam tata surya. Tetapi karena jaraknya yang sangat jauh dan juga ukuran planet ini yang sangat kecil, Pluto tak lagi dimasukkan sebagai bagian dari planet yang mengorbit di dalam tata surya. Namun, Pluto ini memiliki fakta yang sangat aneh loh. Coba simak lima fakta mengenai Pluto yang aneh di bawah ini.

Pluto Menjadi Planet Kerdil

Sejak 2006 planet pluto adalah planet paling jauh dari matahari dan planet paling kecil di antariksa , penemuan Eris pada 2003, membuat Pluto turun kasta menjadi Planet Kerdil. Sekaligus membuat IAU meneliti situs situs slot gacor terbaru dan mendefinisi ulang tentang Planet.
Menurut IAU, Planet adalah benda langit yang (a) ada di orbit mengelilingi Matahari, (b) memiliki massa yang cukup untuk gravitasi diri dengan bentuk ekuilibrium hidrostatik (hampir bulat), dan (c) “bersih” dari gangguan objek lain di sekitar orbitnya.

Butuh 248 Tahun untuk Pluto Mengelilingi Matahari Dengan diameter 1473 mil, Pluto adalah  planet yang terkecil dari sembilan planet klasik dan objek trans-Neptunus terbesar yang ditemukan. Seperti yang bisa diduga, dingin di permukaan Pluto mencapai -375 derajat F. Gravitasinya sekira 1/15 dari Bumi dan ia memiliki lima bulan yaitu Charon, Nix, Hydra, Kerberos, dan Styx. Charon adalah yang terbesar dengan diameter sekira setengah dari Pluto. Dibutuhkan sekira 248 tahun bagi Pluto untuk mengelilingi Matahari.

Warna Pluto Keliru

Pluto sebagai objek antariksa paling jauh dan terkecil di dalam sistem tata surya selama ini digambarkan berwarna kelabu atau biru. Namun foto yang dikirim dari pesawat penjelajah New Horizons membuktikan gambaran selama ini salah. Pluto berwarna merah berpasir.

Pluto Bukan Dunia Es

Ya, Pluto memang dingin, mungkin sedingin hati mantan. Permukaan Pluto ditutupi dengan es, dan memiliki beberapa daerah pegunungan, daerah terang dan gelap, dan serpihan kawah. Lebih jelasnya, hanya sepertiganya saja permukaan Pluto yang diliputi es, sementara dua pertiga sisanya adalah batu.

Balt

Alam Semesta

No description. Please update your profile.

LEAVE COMMENT

Pos-pos Terbaru

Komentar Terbaru

    Lampiran