Rasi Bintang Yang Terkenal Sebagai Petunjuk Arah

Rasi Bintang Yang Terkenal Sebagai Petunjuk Arah

Rasi Bintang Yang Terkenal Sebagai Petunjuk Arah

Rasi bintang ini memiliki peran dan fungsi yang penting dalam kehidupan manusia. Salah satunya adalah sebagai penunjuk arah. Zaman dahulu sebelum ditemukan penunjuk arah atau kompas, manusia menggunakan rasi bintang untuk mengetahui arah. Namun, tidak semua rasi bintang bisa dimanfaatkan, hanya rasi bintang jenis tertentu saja yang bisa melakukannya. Setiap rasi bintang juga memiliki arti pada setiap bentuknya ada yang mengartikan jika rasi tersebut memiliki bentuk centaurus dan lainya.

Rasi bintang adalah kumpulan bintang yang terang. Tak hanya cantik, rasi bintang bisa digunakan sebagai penunjuk arah oleh para pelaut di tengah lautan.
Nah, ada empat rasi bintang yang perlu diketahui detikers. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pun merilis jenis-jenis rasi bintang dalam akun Instagram Selain untuk menunjukkan arah, pada zaman dahulu, banyak orang menggunakan rasi bintang untuk keperluan pertanian, keagamaan, dan mitologi.

Suatu rasi bintang atau konstelasi adalah sekelompok bintang yang tampak berhubungan membentuk situs slot gacor terbaru suatu konfigurasi khusus. Dalam ruang tiga dimensi, kebanyakan bintang yang diamati tidak memiliki hubungan satu dengan lainnya, tetapi dapat terlihat seperti berkelompok pada bola langit malam. Setiap rasi yang berbeda menentukan arah pada malam hari dari timur hingga selatan. Dari sekian banyak bintang yang ada mungkin akan terlihat indah jika bersama dengan dirinya.

nenek moyang kita bisa mengetahui arah adalah dengan melihat bintang di langit malam. Kami sudah merangkum 4 jenis rasi bintang yang sudah nenek moyang pakai sebagai petunjuk arah.

1. Orion

Rasi bintang ini merupakan rasi bintang tertua yang dikenal manusia. Orion memiliki arti bintang pemburu dan digunakan untuk menunjukkan arah barat. Rasi bintang orion itu berfungsi untuk sebagai penunjuk arah barat.
Rasi bintang ini digambarkan sebagai seorang laki-laki yang mengacungkan perisai dan pedang.

2. Scorpio

Rasi bintang Scorpio menunjukkan arah tenggara atau timur langit. Rasi bintang ini juga disebut sebagai rasi bintang kalajengking karena susanan letak bintang-bintangnya yang jika ditarik garis akan membentuk seperti kalajengking. Tidak seperti Orion, rasi ini agak sulit dicari di langit malam karena jumlah bintangnya yang banyak.

Tapi kalau sudah menemukan salah satu bintang di rasi Scopio, teman-teman akan sangat mudah menarik garis membentuk kalajengking, karena bentuk melengkungnya sangat jelas dan ekor panjangnya mengarah ke selatan. Bintang yang paling terang di rasi ini adalah Alpha Scorpii atau Antares.

3. Crux

Rasi bintang ini dianggap sebagai rasi bintang terkecil. Rasi bintang ini bentuknya menyerupai layang-layang dan digunakan sebagai petunjuk arah selatan.
Bintang yang paling terang adalah Acrux atau Alpha Crucis yang merupakan bintang paling terang ke-12 di langit.

Bintang ini merupakan sebuah sitem bintang ganda yang saling mengorbit.
Kedua bintang ini dinamakan Alpha-1 Crucis dan Alpha-2 Crucis.
Jarak bintang ini ke Bumi sekitar 320 tahun cahaya.
Bintang Lain
Bintang paling terang kedua di rasi ini adalah Mimosa atau Becrux atau Beta Crucis.
Jarak dari Becrux ke Bumi sekitar 350 tahun cahaya dan berusia sekitar 10 juta tahun.

4. Ursa Mayor atau Biduk

Rasi bintang ini memiliki arti beruang besar. Para pelaut biasanya menjadikan rasi Ursa Mayor sebagai penunjuk arah Utara
Ursa Mayor terlihat sebagai tujuh bintang terang di belahan langit utara yang berfaedah untuk kapal dan perahu sebagai patokan saat berlayar pada malam hari. Selain itu, golongan bintang ini populer juga di Nusantara karena kemunculannya dijadikan penanda dimulainya waktu tanam padi.

 

Balt

Alam Semesta

No description. Please update your profile.

LEAVE COMMENT

Pos-pos Terbaru

Komentar Terbaru

    Lampiran